Minggu, 29 Agustus 2010

Makna Dibalik Tombol Playstation



Ketika melihat simbol-simbol seperti pada gambar di atas, apakah yang terbayang dalam benak anda? Playstation? Ya. Tentunya simbol-simbol tersebut sudah tidak asing lagi. Ketika memainkan Playstation, kita bisa lihat pada tombol-tombol konsol game ini tercetak simbol-simbol berbentuk segitiga, lingkaran, kotak dan silang. Masing-masing tombol mewakili perintah-perintah tertentu. Masing-masing simbol juga memiliki warna yang berbeda.


Nah, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa simbol-simbol tersebut yang dipakai? Mungkin hanya sebagian kecil yang mempertanyakan masalah seperti itu. Kebanyakan orang tidak mempedulikan asal muasal simbol-simbol tersebut. Yang penting bisa memainkan konsol game ini serta mendapat kepuasan setelah memainkannya.

Ternyata, terdapat suatu alasan mengapa simbol-simbol tersebut yang dipergunakan. Desainer konsol game ini, Teiyu Goto, menyatakan bahwa pihaknya ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari merek konsol game lain yang biasanya manggunakan alphabet atau angka sebagai simbol. Selain itu, simbol-simbol ini juga memiliki makna baik dari segi bentuk maupun warnanya. Logo segitiga berwarna hijau menurutnya merupakan representasi dari makna penunjuk arah ke depan. Kotak diartikan sebagai bagian dari kertas yang berfungsi untuk membuka dokumen. Sedangakn lingkaran dan silang merupakan tanda setuju dan tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Pesan Disini

Terima kasih telah berkunjung... Semoga hari-hari anda menyenangkan :)